Lifelong Learning in The Electronic Age
(Belajar Sepanjang Hayat di Era Elektronik)
Oleh: Hadi Purwanto, Halimi, Hj. Noorhilmah, Nurul Hikmah
Preamble (Mukaddimah)
Pada mukaddimah atau pembukaan pada bab ini menceritakan bahwa
Christina Preston menghabiskan akhir pekan Paskah 1999 dengan
teman-teman nya di Ceko. Di mana di sini di larang merayakan Paskah dan
menyanyikan lagu keagamaan di jalan. Berdasarkan pengalaman dari
Christina Preston di Ceko akan ada beberapa hal yang menjadi pembahasan
selanjutnya.
Akankah Guru Menjadi Agen Revolusi?
Pada pembahasan ini di bahas bahwa sejak dulu pendidikan dituntut untuk
menjadi agen perubahan yang umum di seluruh dunia , hal ini dikarenakan
sebagian besar masyarakat dan pemerintah percaya bahwa pendidikan dapat
membuat perbedaan budaya suatu bangsa . Budaya dapat didefinisikan
sebagai tahap tertentu dalam perkembangan intelektual dari sebuah
peradaban atau masyarakat .
Ada nya tuntutan terhadap pendidikan, maka guru pun secara tidak
langsung tertuntut juga untuk menjadi agen dalam perubahan tersebut.
Namun ketika perubahan itu tidak terjadi guru lah yang menjadi sasaran
utama penyebab kegagalan tersebut. Namun Fullan berpendapat bahwa
kegagalan reformasi dalam pendidikan tidak lah sepenuhnya kesalahan dari
seorang guru karena menurutnya perubahan yang efektif hanya akan
terjadi melalui pengembangan bersama dalam lingkungan sosial.
Dalam pembahasan ini dapat kita analisa bahwa, pendidikan merupakan agen
penting dalam revolusi suatu bangsa, oleh karena itu kerja sama antara
pemerkasa pendidikan, guru, orang tua dan lembaga lain serta masyarakat
perlu saling bekerja sama. Guru juga harus melakukan perubahan baik dari
cara mengajar maupun keterampilan agar mampu bertahan dan bersaing di
era globalisasi.
What is the future of lifelong education?
Pada pembahasan ini dibahas bahwa Beare dan Slaughter (1994 ) sangat
antusias tentang peran teknologi dalam kehidupan. Ia percaya bahwa
hubungan yang bagus dibentuk antara orang , budaya dan teknologi. Ketiga
nya saling keterkaitan. Hal ini di karenakan Jaringan elektronik
cenderung menjadi fasilitator utama proses belajar dan mengajar di era
modernisasi . ini merupakan contoh keterkaitan atau hubungan antara
elektronik dengan orang atau manusia. Selain itu jaringan elektronik
memiliki efek mendalam pada gaya hidup orang-orang yang menggunakannya,
baik di rumah , di perusahaan-perusahaan dan universitas. Ini merupakan
contoh keterkaitan antara elektronik, orang dan budaya.
Pada pembahasan ini dapat kita analisa bahwa dalam dunia pendidikan di
era modernisasi ini seorang guru yg dituntut sebagai agen perubahan pada
pembahasan sebelumnya tidak boleh gaptek (gagap teknologi). Seorang
guru harus mengerti, memahami dan dapat menggunakan elektronik sebagai
media dalam menunjang proses belajar dan mengajar di sekolah. Karena
elektronik cukup memiliki dampak yang besar bagi kehidupan.
New Pedagogies
Pada pembahasan ini dibahas bahwa perkembambangan teknologi yang pesat
mengharuskan bagi sekolah agar dapat memberdayakan sumber daya yang
tersedia – manusia dan teknologi – yang cocok serta nyaman dengan gaya
belajar dan latar belakang budaya yang berbeda dari setiap lembaga
pembelajaran.
(Bahan Bacaan)
Lifelong Learning In The Electronic Age
Aku menghabiskan akhir pekan Paskah 1999 dengan teman-teman saya Ceko
. Dalam lima puluhan , ini Beberapa universitas yang pembangkang selama
pendudukan Rusia setelah tinggal melalui Perang Dunia Kedua dan
pekerjaan sebelumnya oleh Austria dan Jerman . Mereka telah tinggal di
sembilan negara yang berbeda , meskipun mereka memiliki tidak pernah
meninggalkan Praha . Semacam ini ketidakstabilan politik dan perubahan
adalah wilayah yang tidak dikenal bagi kita Inggris . Saya belajar
banyak dari perspektif mereka , terutama mengenai hal-hal yang saya
telah sepenuhnya diambil untuk diberikan.
Lelah kehidupan perkotaan modern di London dan Praha , kami melaju
dalam mengejar tradisi keagamaan dan pagan tradisional masih
dipraktekkan di remote Moravia Desa yang kami telah menemukan di
internet . Kita tampaknya menjadi yang pertama di safari dan impian kita
idyll pedesaan direalisasikan . Seorang wanita 82 tahun datang ke
melihat naik ke gereja pada sepedanya dalam kostum tradisional penuh :
warna-warni singkat
rok atas rok bersih penuh , korset renda dan jilbab sutra putih : melawan menggigit angin wol cape bordir .
Wanita tua di rok pendek cerah mengundang kami untuk melihat
bunga-bunga yang mereka telah dijatuhkan terhadap kaki Lady dan
mengagumi gereja bersih dan rapi bahwa mereka terus menghormatinya .
Jemaat Katolik dilingkari dalam asap dupa berlutut hormat sebelum imam
merah berpakaian dan laki-laki muda
asisten yang memiliki ekor kuda : kontes multi-indera warna , ritual dan
lagu hidup yang dapat secara fisik keras dan visual menjemukan . Dalam
kesederhanaan masyarakat kecil gereja Ceko Saudara-saudara, jemaat duduk
dalam lingkaran di sekitar altar . Tanggal pada kulit terikat buku-buku
doa ditata untuk kita oleh salah satu keluarga yang 1908 , 1903 dan
1873. print kadang kala aus tetapi halaman selalu sama . sejak layanan
tradisional sudah berlangsung begitu lama kita bayangkan mereka tahu
dengan jantung. Ketika teman kita adalah 12 ayahnya telah disarankan
untuk tidak pergi ke gereja lagi jika ia ingin tetap guru . Ini adalah
pertama kalinya ia telah kembali .
Kami melihat hanya dua orang di bawah 30 di sidang dan sebagian besar
lebih dari 50 . Jemaat telah berkurang sejak Tembok turun . Selama
pendudukan pergi ke gereja adalah protes terhadap rezim dan melestarikan
tradisi keagamaan , lagu dan kebiasaan merupakan hal terpenting ketika
Ceko tidak diizinkan untuk merayakan di jalan-jalan . Sekarang ,
mengatakan teman-teman kita , uang adalah pertimbangan pertama dalam
ekonomi yang pincang pada aturan baru pasar kapitalis . Tidak ada waktu
untuk menikmati dalam istirahat keluarga panjang dan menyanyikan
lagu-lagu protes hingga larut malam . ” Kami berada diperlombaan tikus
sekarang . ”
Kami diundang untuk dukungan dalam 1/16 gudang anggur abad dengan
diperpanjang keluarga yang melestarikan tradisi ini , courtesy of UNESCO
. Anggur yang terbuat darikebun anggur keluarga sedang memotong dengan
harga botol supermarket . paling yang melanjutkan tradisi melakukannya
sebagai sebuah bisnis . Pemilik , yang juga troubleshooting suatu
konsultan untuk beberapa perusahaan komputer besar , meminta kami untuk
menempatkan kami foto-foto di internet baginya untuk men-download . Di
perbatasan Slowakia , kami menemukan walikota desa di pub . dia
merekomendasikan layanan akomodasi di desa yang harganya sekitar empat
dolar . meskipun induk semang itu harus mendistribusikan beberapa
anak-anak kecil untuk mengakomodasi kami , kami diberi ruang bersih
dengan keadaan seni mandi dan radio . mereka melakukan tidak melayani
makan resmi , tapi untuk dua dolar mereka berdesir babi , sauerkraut dan
pangsit dan memohon beberapa salad dari tetangga . Karena itu Paskah
mereka tidak bertanggung jawab kita untuk indah buatan rumah kue yang
akan menelan biaya sekitar enam dolar masing-masing di London.
Kepala sekolah setempat tiba dengan Yamaha untuk mengiringi tarian .
tiket adalah 20 sen . Untuk menghormati kami, dia menyanyikan ‘
Greensleeves ‘ dalam bahasa Inggris dan bermain melodi dari The Beatles ,
Elvis , beberapa lagu rock tahun enam puluhan , polkas tradisional ,
twist dan punk rock . Pada akhir 50-an , ia digunakan untuk memiliki
sebuah band tapi karena mengubah orang tidak akan bermain untuk begitu
sedikit uang sehingga ia didampingi organ listrik yang ia diprogram
menggunakan komputer . Dia juga telah digunakan paket perangkat lunak
untuk belajar bahasa Inggris di mana ia berbincang creditably dengan
jelas Oxford aksen . Dia juga berbicara baik Slovakia , Rusia dan Jerman
. Alas kaki para penari berkisar dari mountaineering sepatu ke sandal .
dari 606 , mereka membuat menusuk baik langkah-langkah yang rumit
hingga tak satu pun dari kita banyak peduli apakah kita sedang menuju ke
arah yang benar atau tidak .
Saya minum terlalu banyak salah satu anggur keluarga Moravia .
Biasanya saya minum satu segelas anggur dan mendapatkan sakit kepala
aditif . Anggur ini sangat murni yang bahkan setelah setengah liter ,
saya cerah dan segar di pagi hari pukul tujuh ketika kami pergi mencari
pemuda . Secara tradisional mereka berburu secara berkelompok pada Senin
Paskah pagi , membawa tenun tongkat willow untuk mencambuk wanita
favorit mereka . mereka cambuk menyakiti saya menemukan , tapi kue biji
poppy dan slipovic dan merdu bernyanyi adalahobat yang baik .
Beberapa rumah menerima hampir seratus anak-anak kecil yang meminta
telur, untuk menenangkan mereka pada hari Senin pagi . Kami melihat
mereka berjuang rumah pada tengah hari dengan kantong plastik
menggembung dengan barang jarahan . Ibu yang mungkin mempelajari resep
telur . hanya laki-laki yang lebih tua masih menyanyikan lagu-lagu lama
cinta dan memakai kostum , tapi Tradisi bertahan berseri kalangan muda ,
karena keuntungan yang jelas untukpeserta . Saya seharusnya lebih baik
disarankan dan mencari daerah tempat wanita mengalahkan pria !
Di rumah anak muda teman kita gugup dan pucat belajar untuk ujian
terakhirnya menjadi dokter . Dia adalah berpendidikan , menyenangkan ,
sensitif dan imajinatif muda pria , seorang vegetarian yang berbicara
beberapa bahasa dan mengambil foto seperti seorang profesional . Dengan
siswa lain ia berdiri di tank dan menghabiskan tiga hari’ berbicara
keluar ‘ tentara Rusia menduduki Wenceslas Square pada tahun 1987. Dia
merasa kasihan pada mereka . Banyak dari mereka petani buta huruf ,
mereka tidak tahu negara mana mereka berada di atau mengapa mereka ada
di sana .
Pemuda ini takut . Meskipun serangkaian nilai A , dia bisa gagal ini
ujian . Profesornya dapat meminta apa saja yang mereka suka dari enam
tahun lalu bekerja .Kemarin guru medis mengatakan kepada kelas mereka
semua bodoh . Mengapa bisa mereka tidak ingat apa yang mereka lakukan
enam tahun yang lalu ? Aku bertanya apakah ada yang diuji nya kasih
sayang atau kemampuannya untuk berhubungan dengan orang-orang dalam enam
tahun terakhir . Anda tahu menjawab . Dia mengutip salah satu
tercerahkan dokter Perancis yang mengatakan bahwa belajar kedokteran
seperti menempatkan ke laut tanpa air terlihat . Rekannya yang lulus
tahun lalu menghasilkan empat dolar per bulan selama berjam-jam di rumah
sakit setempat . Dia beruntung memiliki pekerjaan . Dia belum memiliki
satu untuk pergi ke . Mereka berencana untuk pindah ke Amerika . Begitu
banyak untuk belajar, begitu banyak untuk beradaptasi dengan , begitu
banyak untuk berkomunikasi untuk bertahan hidup di milenium ketiga .
Bagaimana profesi guru global akan mengatasi perubahan yang terjadi di
dunia dengan mereka , atau tanpa mereka ?
Guru akan memimpin revolusi ?
Salah satu interpretasi ‘ melek ‘ adalah mampu berkomunikasi dalam media
budaya Anda ( Wagner 1995) . Budaya dapat didefinisikan sebagai tahap
tertentu dalam perkembangan intelektual dari sebuah peradaban atau
masyarakat . Literasi , oleh karena itu, terpisahkan dengan tujuan dan
cita-cita masyarakat yang mendefinisikan konsep . Tekanan pada
pendidikan untuk menjadi agen perubahan yang umum di seluruh dunia ,
karena sebagian besar masyarakat dan pemerintah percaya bahwa pendidikan
dapat membuat perbedaan dengan budaya kohesif suatu bangsa . Tapi
ketika mereka serius dievaluasi , banyak upaya besar di inovasi melalui
pendidikan sejak tahun enam puluhan telah gagal untuk mengambil akar .
Guru dituduh menolak reformasi . Fullan dan Stiegelbauer ( 1991)
menunjukkan masalahnya bukan penolakan , tetapi kenyataan bahwa guru
wajah kapur belum dibimbing dalam manajemen perubahan .
Kebijaksanaan kini mengumpulkan antara para pembuat kebijakan dan
industrialis seluruh dunia tentang kompleksitas aneka melepaskan dalam
perubahan Proses . Misalnya , jelas bahwa perjanjian tersebut ,
pengertian dan kerjasama mitra sosial harus dicari : pemerintah ,
industri dan pendidikan serta sebagai acuan untuk gereja atau kelompok
berpengaruh lainnya . Tapi sampai sekarang , meskipun kebijaksanaan
internasional yang cukup besar , guru yangditetapkan sebagai pelaku
utama reformasi sosial , bukannya mitra dalam sosial gerakan . Guru
tersebut kemudian terperangkap dalam tembak-menembak , karena masyarakat
yang mendukung mereka bertentangan tentang nilai-nilai dan tujuan .
Ironisnya adalah bahwa dalam meminta guru untuk memimpin revolusi dalam
proses belajar mengajar , masyarakat meminta mereka untuk memimpin
runtuhnya peran profesional tradisional . Globalisasi dan
internasionalisasi pendidikan menantang tradisi guru otoriter
distributor pengetahuan , ruang kelas berakar pada lokasi dan diatur
oleh waktu dan istilah tetap untuk belajar berakhir dengan jatuh tempo .
Terburuk dari semua , keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup di masa
depan tampaknya tidak tergantung pada apa yang telah dilakukan di masa
lalu. Futurolog kini menuntut lompatan imajinatif ke yang tidak
diketahui . Meskipun analisis tentang kegagalan reformasi pendidikan
pada kuartal terakhir abad kedua puluh dan peluang terus menyia-nyiakan
usaha, Fullan berpikir bahwa pendidikan tidak pernah dalam posisi yang
lebih baik untuk membuat perbedaan .Tapi dia yakin bahwa perubahan yang
efektif hanya akan terjadi melalui pengembangan makna bersama dalam
lingkungan sosial penuh . ” Sistem tidak berubah dengan sendirinya .
Orang berubah sistem dengan tindakan mereka . Ini adalah waktu untuk
mengubah cara kita mengubah ‘ . ( Fullan dan Stiegelbauer 1991: 352 ) .
Guru perlu membuat perubahan untuk bertahan hidup . Terserah profesi
untuk menemukan strategi .
Apa masa depan pendidikan seumur hidup ?
Beare dan Slaughter (1994 ) sangat antusias tentang peran teknologi
baru percaya bahwa ketika hubungan yang benar dibentuk antara orang ,
budaya dan teknologi dunia baru pilihan muncul . Mereka setuju bahwa
baru yang kuat teknologi tidak intrinsik mengancam . Jika mereka terkait
dengan , dan diarahkan oleh tingkat tinggi komitmen etika , mereka bisa
dikerahkan dalam kehidupan meneguhkan
cara . Jaringan elektronik cenderung menjadi fasilitator utama
pembelajaran dan mengajar di mode baru . Sudah jaringan elektronik
memiliki efek mendalam pada gaya hidup orang-orang yang menggunakannya
di rumah , di perusahaan-perusahaan dan universitas : kesempatan untuk
berkontribusi pada budaya desa global bersama keragaman budaya didirikan
telah didirikan , gagasan precipitately membingungkan budaya dan
identitas nasional . Dalam semangat pasca modernisme , orang dapat
berlangganan untuk lebih dari satu budaya tanpa mengorbankan identitas
mereka atau integritas, selama karena mereka dapat menangani jumlah
informasi , ruang lingkup untuk pilihan dan bertentangan loyalitas .
Sikap ini sangat mengancam bagi mereka yang berlanggananmonokultur dan
banyak yang telah terisolasi saat kekuasaan di tangan mereka sendiri .
Sebagai contoh , negara-negara bangsa di Eropa tidak ada pada abad
pertengahan danKonsep kewarganegaraan berasal dari revolusi Perancis
hanya 200 tahun yang lalu . Mengintensifkan regionalisme dan
pengembangan struktur supra – nasional menyarankan bahwa negara bangsa
mungkin tahap sementara dalam evolusi masyarakat manusia .Dampak
teknologi canggih pada pengajaran dan pembelajaran telah bergegas
perubahan . Media elektronik komunikasi adalah kendaraan untuk kuat
pesan dan berwibawa , debat publik . Oleh karena itu , untuk membuat
komputer yang katalis untuk perubahan dalam proyek pendidikan masuk akal
. Ada bahaya masukan seimbang , namun, jika tim pendidikan terdiri dari
teknis terlatih pendidik . Dalam konteks ini terlalu banyak yang
diharapkan dari kehadiran hanya perangkat keras dan perangkat lunak
tanpa pemahaman penuh atau komitmen terhadap proses manusia terlibat
dalam penciptaan set pikiran baru dan paradigma baru . Umumnya
middleaged , banyak calon inovator dalam perangkat lunak pendidikan
tidak memiliki keterampilan ,
pengetahuan atau bakat yang tepat untuk menentukan produk pendidikan
kelas dunia : konvergen dan linear pemikir tidak bisa membayangkan apa
yang membutuhkan masa.
Pendidik dengan latar belakang perangkat lunak pendidikan biasanya
melawan Keterlibatan komersial dengan alasan bahwa perusahaan tidak akan
menghormati kebutuhan khusus pendidikan . Karena kurangnya pengalaman
jenis produk jaringan yang sedang dirancang untuk perusahaan
multinasional , pendidik yang terlibat dalam pendidikan spesifikasi
dapat menyimpan hingga proses daripada memfasilitasinya . Dalam
kemitraan dengan pemerintah mereka cenderung untuk mengawasi produk dan
proyek-proyek yang memiliki aplikasi yang terbatas dan melayani
pendidikan buruk . Sebagai contoh investasi pada tingkat terlalu rendah ,
Dewan Nasional Inggris untuk Pendidikan Teknologi mendirikan sebuah
proyek penelitian £ 4.000.000 untuk mengikuti uji coba Pendidikan AS
terintegrasi belajar software selama tiga tahun . ini relatif sumber
daya besar yang diinvestasikan dalam dirancang dengan buruk , software
budaya yang tidak pantas berdasarkan model pembelajaran tradisional dan
ketinggalan zaman , terutama bor dan praktek . Perangkat lunak ini sudah
berusia empat tahun saat penelitian dimulai dan tetap tidak berubah
sepanjang masa . Pada saat laporan itu keluar CD ROM yang berusia
delapan tahun . Tidak ada cara di mana evaluasi bisa menjadi formatif
karena perusahaan tidak berniat menyelesaikan ‘ selesai ‘ produk .
Sebagai perangkat lunak itu tidak standar industri , dapat ditransfer
dan peluang untuk penyebaran global terjawab , meskipun ada lebih dari
satu produk pelatihan multinasional di pasar yang akan memiliki
investasi layak . Pasar sekolah kecil dan terfragmentasi . Kualitas
tidak dapat dipertahankan pada tingkat ini .
New Pedagogies
pedagogi baru
‘ Pekerja Pengetahuan ‘ masa depan akan mampu menangani volume belum
pernah terjadi sebelumnya data multimedia saat menghadapi pilihan yang
luas dan menyeimbangkan bertentangan loyalitas . Juri masih keluar pada
berapa banyak membaca dan menulis kompetensi akan diperlukan oleh ini
selebaran tinggi yang akan permintaan di seluruh dunia , tetapi
Perkembangan eksponensial dalam penyimpanan komputer dan kekuasaan
penyiaran menyarankan bahwa ketergantungan pada remote tatap muka dan
kontak ikon akan meningkat . Dalam Pikiran terpelajar , Gardner
menegaskan bahwa pedagogi harus berkembang untuk merangkul pengetahuan
baru tentang berpikir dan merefleksikan ‘ beberapa anak-anak kecerdasan
bunga itu sepanjang hidup : spasial , visual, lisan , tekstual . ini
kecerdasan mewarnai pendekatan individual setiap anak harus belajar .
hanya bagian sempit otak dikembangkan dan diuji dalam pendidikan
konvensional , dansekolah , karena mereka saat ini terorganisir , tidak
dapat memberikan berbagai pembelajaran gaya yang membutuhkan kelas .
Teknologi harus memungkinkan bagi sekolah untuk sengaja mengumpulkan
dan membuat sumber daya yang tersedia – manusia dan teknologi – yang
cocok nyaman dengan gaya belajar yang berbeda dan latar belakang budaya
yang ada di badan pembelajaran . berbeda entry point akan menarik satu
anak lebih dari yang lain dan menyebabkan berbagai jenis kebingungan
tentang konsep-konsep yang diajarkan . Gardner menyarankan pendekatan
seperti magang tradisional dan penggunaan teknik museum anak-anak . Dia
menyebut untuk revitalisasi pengajaran dan Proses pembelajaran di mana
ada penelitian yang lebih gaya belajar dan lebih berbeda mencoba untuk
sumber daya entry point yang berbeda dengan kurikulum yang diamanatkan .
sekolah
bisa mengerahkan upaya untuk mencocokkan belajar mengajar gaya ( Gardner
1993) , sementara Heppell mengamati bahwa beberapa anak lebih baik
sumber daya yang di lingkungan rumah daripada mereka di sekolah , yang
bisa membuat keretakan dalam persepsi sekolah sebagai lingkungan belajar
( Heppell 1995 ) . Serangan terhadap iklim pendidikan saat ini
dilanjutkan di Belajar melaluiTelematika , yang melaporkan :
Memprediksi masa depan teknologi mudah . Memprediksi cara di mana
teknologi akan diambil dalam pendidikan sangat sulit . Ada panjang
sejarah hiperbola tentang teknologi pendidikan , yang ditandai dengan
berulang prediksi revolusi dekat dalam metode . Namun ada resistensi
yang kuat untuk mengubah dan inovasi dalam sistem secara keseluruhan .
Pendidikan merupakan sosial dan sistem politik dan pengalaman
mengajarkan kepada kita bahwa sistem tersebut tidak mudah diubah oleh
perkembangan teknologi .( Mayes 1994: 14 )
Belum lagi laporan menempatkan guru di pusat proses : Iklim perubahan
di mana inovasi dalam metode pengajaran dihargai dan dihargai , adalah
prasyarat untuk penyerapan luas teknologi pendidikan . meskipun laporan
mengakui kebutuhan untuk menyebarkan pendidikan yang lebih luas ,
meningkatkan kualitas dan relevansi untuk industri dan mendukung
kebutuhan untuk membuat mengajar lebih hemat biaya , sangat kritis
terhadap kebijakan pemerintah yang mengurangi peluang tatap muka untuk
mengajar sampai ke level rendah murid yang bisa dimaafkan percaya bahwa
mereka tidak diajarkan sama sekali . teknologi harus digunakan untuk
memperkaya pengalaman mengajar bukan untuk menggantikan guru ( Mayes ,
Coventry , Thompson dan Mason 1994 ; Preston 1997) . Beberapa guru
memusuhi teknologi baru karena mereka takut pengganti . Hambatan lain
yang sama-sama kompleks . Tidak hanya guru harus bersaing dengan
anak-anak yang memiliki sumber daya yang lebih baik elektronik di rumah
daripada yang mereka miliki di sekolah , tapi usia adalah faktor lain
yang bekerja melawan pemahaman intuitif guru dari teknologi elektronik .
Studi chris Abbott telah menunjukkan bahwa anak-anak SD jauh lebih baik
memprediksi akhir kartun daripada orang lebih dua puluh sembilan (
Abbott 1990) . Namun, usia tidak selalu faktor . Sebuah studi
menunjukkan kecil baru-baru ini bahwa guru inovatif dalam TIK yang
rata-rata sekitar 45 tahun manajer tua dan senior. Bahkan , Teknologi
Informasi dan Komunikasi Pendidikan untuk guru menyajikan lebih banyak
masalah daripada mata pelajaran mapan lainnya . beberapa guru memiliki
kualifikasi tingkat sarjana ( Preston Cox & Cox 2000) . itu
perubahan teknologi yang cepat dan masalah yang terkait dengan hal ini
telah membuat subjektampak technocentric . Sekolah Inggris telah
memisahkan sistem administrasidari sistem kurikulum yang berarti guru
harus belajar dua komputersistem . Tidak ada panutan senior yang cukup
menggunakan IT . Pada 25 sekolah , yang dipilih oleh industri dan
pemerintah setempat karena mereka menunjukkan menarik Praktek di IT , 22
kepala memiliki komputer mobile atau komputer di meja ( Harris dan
Preston 1993) .
Di Inggris pendatang guru matang membawa keterampilan ICT dalam
profesi ( Mellar dan Jackson 1992) . Namun dalam survei kecil yang
dilakukan oleh MirandaNet ( Preston 1998) akan terlihat bahwa guru
memiliki pelatihan ICT kurang dari dua hari di awal mereka tahun
pelatihan . Mereka benar-benar tergantung pada kualitas penyediaan ICT
di sekolah di mana mereka melakukan praktek mereka untuk pengetahuan dan
pengalaman . Selanjutnya , mereka bergantung pada penyediaan in-service
. Pendapat dari sampel kecil dari guru yang adalah inovator ICT
mengungkapkan bagaimana in-service training tersedia terutama dalam mata
pelajaranseperti pedagogi dan perencanaan . Meskipun sebagian besar
pemerintah nasional melihat mereka investasi dalam TIK dalam pendidikan
sebagai katalisator perubahan dalam proses belajar mengajar , kurang
dari setengah guru berpikir bahwa program ICT yang mereka telah
menghadiri membahas isu sentral ini gaya mengajar . Ini akan menunjukkan
bahwa beberapa program tidak dapat membantu guru untuk mengadopsi
metode-metode pengajaran baru yang mungkin diperlukan untuk
mengakomodasi TIK secara efektif .
Menurut survei kecil ini guru ini terutama otodidak . hanya satu
persen punya kualifikasi ICT resmi Sebagian besar guru yang kompeten
yang melatih orang lain , meskipun mereka telah ke beberapa kursus
sendiri , dan setengah mengatakan mereka tidak merasa baik informasi
tentang Grid Nasional untuk Belajar ( NGfL ) . Meskipun banyak guru
merasa bahwa mereka telah mendapat manfaat dari pelatihan mereka telah
menerima , mereka ingin menerima lebih banyak pelatihan dan juga merasa
bahwa mereka perlu sumber daya yang lebih baik dan dukungan teknis yang
lebih dan waktu untuk menggunakan ICT ( Preston Cox & Cox 2000) .
Pelatihan sering difokuskan pada keterampilan daripada filosofi,
psikologi belajar , dan kebijakan masalah . Pachler sangat penting dari
yang berlaku kecenderungan untuk melihat nilai teknologi baru dalam hal
model pengiriman
mengabadikan pemandangan murid sebagai kapal kosong daripada mengejar
kesempatan yang ditawarkan untuk inovasi pedagogis . Pachler mengutip
Perdana DfEE Pelatihan Guru Kurikulum Nasional yang dimaksudkan untuk
mengajarkan para guru tentang ‘ ketika , jika tidak , dan bagaimana
menggunakan ICT secara efektif dalam mengajar mata pelajaran tertentu ‘ (
DfEE 1998: 17 ) . Dia menunjukkan bahaya kurangnya teori pedagogis
ditawarkan dalam dokumen ini ( Pachler 1999) . Bahasa dokumen ini
didaktik yang menentang model pembelajaran konstruktif pemerintah ingin
memperkenalkan . Internet telah ditempelkan ke akhir sebagai modul
tambahan untuk studiyang membuatnya terlihat seperti studi ekstra
daripada perubahan paradigma dalam mengmengajar dan belajar .
Kesimpulan : guru belajar bagaimana belajar
Gunther Kress percaya bahwa tujuan dasar pendidikan akan tetap : untuk
memungkinkan bagi manusia sebagai makhluk sosial , hidup produktif ,
penuh dan bermanfaat hidup . Tetapi tidak ada jalan keluar bagi mereka
yang ingin beristirahat di masa lalu . masing-masing sektorpendidikan
dan masing-masing lembaga belajar harus merancang solusi kurikuler yang
memperhitungkan campuran budaya lokal dan masa depan ekonomi mungkin .
Kress juga menunjukkan bahwa agar dapat berfungsi dengan warga dunia
akan perlu mengembangkan lima disposisi dasar . Pertama akan
sensitivitas multikultural mengobati keragaman sebagai norma produktif .
Kedua , kemampuan untuk melihat perubahan dinamis sebagai stimulus
nyaman untuk inovasi dan transformasi . Ketiga , pengetahuan akan
digunakan dalam layanan solusi baru, bukan dalam kinerja mapan praktek .
Keempat , memahami potensi mode yang berbeda dan media komunikasi akan
signifikan dalam penekanan lebih besar pada pemahaman target audiens dan
penting bagi kehidupan sosial yang produktif . paling penting Kress
menimbulkan pertanyaan etika dan tanggung jawab setiap warga negara
untuk mengartikulasikan dalam melestarikan apa yang terbaik bagi
masyarakat plural ( Kress 1998) .
Pergeseran dari media massa untuk media interaktif telah meningkatkan
kekuatan masing-masingindividu atas informasi dilembagakan apakah
sumbernya adalah gereja , negara bangsa , BBC atau Oracle . Mendidik
orang untuk mengatasi belajar sepanjang hayat di era elektronik mungkin
tantangan peradaban terbesar yang pernah dihadapi .
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar